Hutan Pinus

Rate this post

Mengenal Lebih Dekat Hutan Pinus

hutan pinus 3

Kalau berbicara mengenai jogja, terdapat banyak pepohonan dan hutan. Hutan di jogja tersebar di Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo dan Sleman. Hutan juga banyak terdapat di lereng gunung merapi. Berbicara mengenai hutan, hutan mempunyai banyak fungsi yang bermanfaat bagi manusia dan lokasi sekitar. Salah satu hutan yang mempunyai banyak manfaat adalah hutan pinus.

Jenis Hutan Pinus

Hutan pinus juga merupakan homogen, yaitu hutan yang terdiri dari satu jenis pohon atau juga salah satu pohon menjadi mayoritas terbanyak (dominan) di hutan tersebut.  Meengapa hutan pinus merupakan atau masuk dalam katagori hutan homogen? Dikarenakan di dalam hutan pinus mayoritas pohonnya atau pohon yang mendominasi di dalam hutan tersebut adalah pohon pinus. Dan didalam hutan pinus tidak hanya terdapat pohon pinus saja, melainkan juga terdapat pohon lainnya tetapi frekuensi populasi tidak sebanyak pohon pinus.

Hutan pinus pinus ini menjadi salah satu  contoh ekosistem taiga, yang dimana ekosistem taiga ini tidak terpengaruh oleh banyak suhu, dari suhu yang paling dingin  hingga suhu yang panas. Walaupun terjadi pergantiam musim ataupun suhu  udara yang tidak menentu.

Di dalam hutan pinus sahabat juga bisa melihat pesona keindahan hutan pinus, yang salih berbaris berjejer rapi, apabila sahabat ingin lihat pesona lainnya dari hutan pinus, sahabat bisa menengadahkan (ndangak,  dalam bahasa jawa)  kepala dan muka sahabat ke atas, view yang bisa dilihat sungguh indah dan mengagumkan, seakan pohoh yang menjulang tinggi di sertai daun yang  tersusun rapi berjajar dan berdekatan. Serta udara yang sejuk dan rindang sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai bersama keluarga, teman maupun sahabat.

Tentang Pohon Pinus

hutan pinus 1

Sahabat pernah bertanya kepada diri sendiri maupun teman atau sahabat, mengenai apa itu pohon pinus dan apa manfaatnya bagi warga masyarakat sekitar dan masyarakat luas lainnya ? kami berusah belajar dan mencoba mencari dan menjelaskan ataupun mengulas sedikit  mengenai pohon pinus tersebut dan apa manfaatnya. Mungkin sebagian dari sahabat sudah  mengetahui pengetian pohon pinus, kami mohon koreksinya juga. Pohon pinus ini juga merupakan salah satu pohon yang dilindungi oleh pemerintah.

Kalau kita amati secara deti mengenai pohon pinus, pohon itu termasuk pohon yang menyerap air disebabkan pohon pinus memilikidua jarum yang mempunyai banyak stomata, sehingga pohon ini akan banyak menyerap air dari dalam tanah, dan juga banyak menguapkan air. Kalau daun pohon pinus pada jatuh maupun rontok daunnya atau istilahnya gugur daun pada jatuh ke bawah menutupi tanah apalagi daun pohon ini sulit terlapukan sebab bentuk daunnya yang seperti jarum dan dapat menyebabkan air hujan sulit masuk kedalam tanah (mrembes nang lemah, bahasa jawa).

Kalau kita melihat pohon pinus dari detail ataupun sudut pandangnya lebih dekat, pohon pinus itu termasuk pohon yang mempunyai batang yang keras (kayunya keras). Daun pohon ini mempunyai bentuk seperti menyerupai jarum yang berkembangbiak serta menghasilkan konus. Akar dari pohon pinus serta daun-daun yang berguguran (berjatuhan) terdapat atau mengandung zat alelopati yaitu sejenis molekul atau senyawa yang menghambat pertumbuhan tumbuhan lain yang berada di sekitarnya. Kalau kita berkunjung lalu melihat di sekitar pohon pinus tidak terdapat banyak tumbuhan yang bertahan ataupun hidup dan tumbuh, selain tumbuhan itu mampu dan sanggup bertahan dari  zat alelopati yang dapat tumbuh dan bertahan.

Alat Reproduksi Pohon Pinus

hutan pinus 3

Kalau kita belajar dan bertanya bagaimana caranya pohon pinus berkembang biak ataupun bereproduksi? Mungkin juga sebagian dari sahabat sudah pada ada yang tau mengenai pohon pinus itu sendiri, bagaimana cara berkembangbiaknya. Kalau kita berbicara mengenai reproduksi pohon, pohon pinus ini termasuk pohon atau tumbuhan yang termasuk didalam katagori tumbuhan berumah satu (monoecious) yaitu merupakan tumbuhan yang memiliki alat reproduksi jantan dan betina, akan tetapi alat reproduksinya tersebut tidak berada dalam satu pohon melainkan alat reproduksinya berada pada pohon yang berbeda (berada di pohon lain).

Proses perkembang biakan pada pohon pinus itu sendiri bergantung dan memerlukan bantuan dari angin. Proses pembuahan yang mengandalkan bantuan angin ini bisa terjadi sebab letak / lokasi dari biji yang berada didalam strobilus betina yang terdadah ke udara sehingga dapat mempermudah microspora untuk menempel pada biji sehingga dapat membuahi macrospora, kemudian biji yang sudah dibuahi dan sudah matang akan terjatuh lalu menjadi bibit dan individu baru dari jenis pohon pinus ini.

Habitat Hewan yang ada di dalam Hutan Pinus

Didalam hutan pinus dan berkeliling ke dalam hutan tersebut, kita tidak menjumpai banyak jenis satwa yang hidup di dalam hutan tersebut. Apabila kita mengamati satwa apa saja yang hidup di dalam hutan tersebut, maka kita hanya menjumpai beberapa satwa yang ada di sana, diantaranya meliputi satwa berjenis serangga, burung, arthtopoda, hewan pengerat serta terdapat juga hewan melata seperti ular maupun kadal.

Terbatasnya satwa ataupun jenis satwa tersebut di sebabkan terbatasnya makanan yang di sediakan hutan pinus tidak bervariatif. Di hutan pinus tersebut tidak banyak terdapat banyak jenis tumbuhan lainnya, sehingga menyebabkan juga terbatasnya jenis satwa yang hidup di hutan tersebut.

Lokasi Hutan Pinus di Jogja

Apabila sahabat sedang berkunjung dan sedang berwisata, sahabat sempatkan waktu untuk melihat, menikmati suasana di dalam hutan pinus ataupun mempelajari pohon pinus, sebab banyak hal yang bisa kita temukan. Di wilayah jogja terdapat banyak hutan pinus, salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan. Lokasinya berada di daerah wisata kabupaten bantul

Untruk pergi kesana sahabat bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jasa sewa mobil jogja. Jalan menuju kesana sekarang udah lumayan nyaman cuman agak sedikit menanjak sebab lokasi hutan pinus tersebut berada di daerah perbukitan. Rute yang bisa di tempuh kesana apabila sahabat berjalan dari Kota Jogja – Jl. Imogiri Timur – Imogiri – pertigaan Imogiri belok kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri – pertigaan belok kanan ke arah Mangunan – pertigaan Mangunan belok kiri ke arah hutan pinus – Hutan Pinus Mangunan.

Selain view dari deretan pohon pinus yang mempercantik background foto, terdapat juga filosofi menarik yang berisi tentang pohon pinus sebagai lambang cinta orang Korea. Menurut sebagian mereka, pohon pinus yang berbatang tegak lurus merupakan simbol cinta yang lurus dan tidak bercabang-cabang. Sedangkan daun pinus yang selalu hijau diibaratkan atau melambangkan sebagai cinta yang tak pernah berakhir, Everlasting love

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*