Hutan Mangrove Kulon Progo, Wisata Mangrove Jogja

Wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-api Jogja

 

Hutan Mangrove yang berlokasi di Jangkaran, Kulon Progo, Jogja ini awalnya didirikan sebagai wilayah konservasi dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi. Perencanaan menggunakan kawasan ini sudah ada sejak tahun 1989. Pemerintah setempat mengelola kawasan wisata hutan mangrove ini dengan menyajikan wisata baru yang edukatif. Dengan menggabungkan keindahan alam dan juga informasi mengenai fungsi dari hutan tersebut. Menuruk pengelola wisata Mangrove Jembatan Api-api ini dibuka sejak Maret 2016. Destinasi wisata ini di beri nama Mangrove Jembatan Api-api karena mangrove yang tumbuh di sini adalah jenis ‘api-api’ atau avicennia.

hutan mangrove kulon progo

 

Wilayah Hutan Mangrove ini masih berada di satu kawasan dari Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik. Jadi, selain berkunjung ke tempat ini pengunjung juga bisa mengunjungi Pantai Glagah yang yang tidak jauh lokasinya dan terkenal dengan kecantikan senjanya. Banyak cara untuk menikmati keindahan Hutan bakau ini. Salah satunya dengan menikmati beberapa spot foto menarik yang sudah disajikan pihak pengelola. Spot-spot foto tersebut antara lain jembatan gantung, jembatan tol atas dan tol bawah, perahu layar, sebuah gitar besar dan juga jangkar cinta. Ada juga twin tower MJAA yang terbuat juga dari bambu. Di lokasi tower ini, bisa naik sekalipus selfie dan melihat pemandangan hamparan lautan pantai selatan. 

Baca Juga Artikel Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul

 

mangrove kulon progo 1

 

 

Selain Spot foto yang menarik juga ada Wahana Prahu Bebek dan Prahu Getek untuk berkeliling melihat keindahan pemandangan nya. Setelah lelah berputar-putar disana juga disediakan gubug – gubug kecil di antara rimbun nya hutan bakau untuk istirahat. Semilir angin yang berhembus menambah kesejukan tersendiri. Selain itu pengunjung juga dapat mencoba kuliner yang ada disana, mulai dari Sea Food dan Ikan Bakar juga tersedia di warung – warung yang telah disediakan.

Saat hari libur nasional atau hari Minggu,  pengunjung bisa mencapai 700 orang. Sedangkan saat libur Lebaran, per hari pengunjung bisa mencapai 1.500 orang. Disarankan juga bagi pengunjung yang ingin MJAA ini untuk berwisata kesana saat sore hari karena sunsite yang bisa di dapatkan di kawasan ini saat indah.

 

mangrove kulonprogo 0

 

Pintu masuk akses menuju Mangrove ini berada di Jalan Deandels, kiranya berada disekitar 300 meter di sebelah barat Jembatan Congot tepat berada di kiri jalan. Berbekal papan penunjuk arah dan rambu-rambu yang ada, pengunjung nantinya bisa menemukan lokasi wisata mangrove. 

 

Artikel Lainnya The World Landmarks Merapi Park 

 

Lokasi Via Google Maps.

 

Paket Sewa Mobil

Paket Sewa Avanza Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sewa Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

 

Paket Wisata Komplit 1-5 Hari

Paket 1 Hari Paket 2 Hari 1 malam Paket 3 Hari 2 malam
Paket 4 Hari 3 malam Paket 5 Hari 4 malam Paket Study Tour

Tujuan Wisata Bisa Di Rubah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *