Gorengan Gandos

3 (60%) 3 votes

Saat santai kaya gini paling enak minum kopi sambil nyemil gorengan gandos. Gandos itu rasanya gurih dan renyah kalau pas dihidangkan saat hangat. Kalau membicarakan masalah Gandos, makanan ini banyak di temui di jawa, apalagi makanan ini merupakan cemilan yang ramah di dompet, hehe.

gandos 1

Makanan ataupun cemilan ini banyak kita jumpai di beberapa angkringan ataupun beberapa warung kopi. Rasa cemilan yang gurih ini disebabkan adanya campuran kelapa parut didalam adonannya. Cemilan ini sangat cocok kalau disajikan sewaktu masih panas, sebab kalau sudah dingin dimakan agak “alot”.

Kalau beberapa daerah di Jawa Tengah, cemilan ini (“Gandos”) bentuk hampir mirip dengan “Gemblong”, tetapi bedanya pada bahan dan cara pembuatannya. Kalau bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya gandos menggunakan tepung ketan yang dicampur dengan kelapa parut ditambah sedikit garam. Sedangkan untuk Gemblong terbuat dari beras ketan yang dikukus lalu di tumbuk dengan parutan kelapa dan garam.

Proses pembuatan Gandos

Proses pembuatan Gandos tidak lah sulit, dan makanan ini aman dikonsumsi, sebab terbuat dari bahan-bahan yang alami dan mudah dicari. Bagaimana penasarankan cara membuatnya, mari kita simak cara berikut ini sekaligus apa saja bahan-bahan yang perlu di siapkan.

Sebelum kita membuat makanan ini, bahan-bahan yang perlu disiapkan meliputi :

  1. Tepung ketan
  2. Kelapa yang sudah diparut.
  3. Air
  4. garam
  5. Minyak goreng atau juga bisa minyak kelapa sawit

Setelah bahan tersedia dan sudah disiapkan, tahap selanjutnya adalah prosas pembuatan dan cara memasaknya. Adapun langkah-langkah cara memasaknya sebagai berikut:

  1. langkah pertama yaitu persiapkan semua bahan yang diperlukan.
  2. Selanjutnya campur tepung ketan, kelapa yang sudah diparut dan garam. Agar proses pencampurannya maksimal, jangan lupa adonan tadi diuleni memakai tangan, tetapi tangan kita harus memakai sarung tangan plastik. Fungsi dari sarung tangan plastik itu sendiri agar adonannya terjaga kebersihannya.
  3. Tuangkan air sedikit demi sedikit, sambil adonan diuleni sampai adonan elastis (tidak lengket ditangan) dan adonan siap dibentuk.
  4. Tahap berikutnya, bentuk adonan gandos tadi bulat lonjong agak pipih lalu padatkan.
  5. Panaskan panci pengukus, kukus adonan yang sudah dibentuk tadi sampai matang, kurang lebih sekitar 20 menitan.
  6. Setelah proses pengukusan, selanjutnya panaskan minyak goreng, gorenglah hasil kukusan tadi hingga matang, lalu tiriskan.
  7. tahap terakhir hidangkan makanan ini selagi masih panas sambil ditemani secangkir teh ataupun kopi.

Mungkin sedikit pembahasan ini membuat para pembaca mempunyai ide untuk mengembangkan makanan tradisional ini dan Selamat mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*