GOA KEBON KULON PROGO OBJEK WISATA BARU

Goa Kebon Objek Wisata Baru di Kulon Progo

Jogja – Satu lagi tempat wisata alam baru di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang bisa dikunjungi. Namanya Goa Kebon di Dusun VII, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo, Yogayakarta. Pak Ngadimun sebegai penjaga aset Goa Kebon mengatakan Wisata Alam Goa Kebon baru akan dibuka. Sehinga belum banyak yang tahu dan belum banyak yang mengunjungi mengenai wisata Goa Kebon ini.

Goa Kebon sudah dibuka oleh Bapak Camat tetapi belum ada pendanaan untuk pengelolaan, jadi hanya warga sekitar yang mengelolanya dengan bermodalkan tenaga gotong royong. Karena baru dalam pembukaan, jadi  wisatawan yang  bekunjung belum dikenai retribusi masuk wisata alam Goa Kebon ini. Tetapi pengunjung tetap dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Adapun biaya parkir kendaraan sebagi berikut: Motor Rp2.000, Mobil Rp5.000 dan Bus Rp10.000.

 

GOA KEBON KULON PROGO OBJEK WISATA BARU

 

Bapak Ngadimun mengatakan bahwa saat ini yang menjadi andalan wisata Goa Kebon di Kulon Progo, sementara baru Air Terjun. Nantinya akan dibangun Bumi Perkemahan yang tidak jauh dari Air Terjun tepatnya di dekat area parkir kendaraan. Kenapa masyarakat menyebutnya Goa Kebon? Karena tempatnya berada pas di tengah-tengah kebun (kebon) atau pekarangan warga ini merupakan goa yang terbentuk secara alami oleh alam. Tampak bagian depan mulut Goa Kebon yang tertutup Air Terjun serta batu-batuan kapur yang membentuk seperti ornamen alam yang cantik.

Panorama Goa Kebon selain Air Terjunnya yang tidak langsung jatuh ke bawah, dan mengalir menutupi mulut goa melalui dinding batu. Sebagian mulut atau lobang goa tertutup oleh tirai batu seperti stalaktit. Tirai batu atau stalaktit pada Air Terjun Goa Kebon terbentuk dari proses pengendapan air kapur yang berlangsung secara terus menerus dan dalam waktu yang lama (stalaktit).

Pada ruangan goa yang tepat berada di belakang Air Terjun sangat cukup luas dan memiliki ketinggian kurang lebih 3-5 meter. Beberapa stalaktit meruncing ke bawah dari langit-langit goa. Ada satu stalaktit yang menyatu dengan stalakmit yang membentuk seperti tiang pilar penyangga. Pada bagian ujung goa terdapat rongga berdiameter 0,6 meter yang berguna untuk menuju ke dalam goa. Tetapi, belum diketahui berapa kedalaman goa dan kondisi ujung goa yang dapat dilalui manusia.

 

goa kebon objek wisata baru kulon progo

 

Bapak Wagiran seorang Staf Desa Krembangan, Menyebutkan wisatawan Goa Kebon mengalami pasang surut dan tidak stabil. Goa Kebon diresmikan oleh Bupati Kulon Progo pada 8 Oktober 2015, pada tahun 1980-an. Goa Kebon sempat ramai didatangi oleh wisatawan. Tetapi menjelang tahun 1990-an hingga awal tahun 2000, hanya ada segelintir wisatawan yang datang untuk berkunjung. Apalagi kawasan Goa Kebon belum dikembangkan sama sekali oleh Bidang Tata dan Pengelolaan Objek Wisata Setempat.

Renca jangka panjangnya, lokasi objek wisata ini akan dikembangkan dengan konsep wisata taman edukasi. Goa Kebon rencananya akan dibangun laboratorium alam, media tanaman-tanaman herbal untuk pembelajaran biologi, bumi perkemahan, dan sarana out bond.

Lokasi Goa Kebon tepat berada di Desa Krembangan VII, Krembangan, Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta. Rute perjalanan untuk menuju Goa Kebon sangat mudah karena jalan sudah beraspal. Jalur menuju ke Goa kebon yaitu melalui Kota Wates, lalu setelah sampai di Monumen Nyi Ageng Serang, belok ke arah selatan, ketemu perempatan Nagung langsung belok kiri, lalu dari Polsek Panjatan belok kiri, ikuti jalan ke Balai Desa Krembangan, kemudian belok kiri lagi. Setelah itu,tinggal terus aja ikuti jalan untuk menuju Goa Kebon nanti akan dibantu dengan plang-plang petunjuk.

 
Paket Sewa Mobil Jogja

Sewa Avanza Jogja Sewa Innova Jogja
Sewa Hiace JogjaSewa Elf Short Jogja
Sewa Elf Long JogjaSewa Medium Bus Jogja
Sewa Big Bus JogjaSewa Fortuner Jogja
Sewa Camry JogjaSewa Alphard Jogja

 

Paket Wisata Jogja Komplit 1-5 Hari

Wisata Jogja 1 HariWisata Jogja 2 Hari 1 malamWisata Jogja 3 Hari 2 malam
Wisata Jogja 4 Hari 3 malamWisata Jogja 5 Hari 4 malamStudy Tour Jogja

Tujuan Wisata Bisa Di Rubah