Goa Cerme yang Mempesona

Sejarah dan Suasana Panorama Goa Cerme

pemansangan goa cerme

Kata cerme berasal dari kata ceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.

Goa Cerme merupakan salah satu goa yang berada di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Goa yang merupakan peninggalan sejarah ini memiliki panjang sekitar 1,5 km dimana goa ini tembus hingga sendang di wilayah Panggang, desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai goa ini anda harus menaiki tangga setinggi kurang lebih 759 meter. Dengan panjang dan luas tersebut tak heran bila banyak wisatawan datang dari berbagai daerah berkunjung dan menikmati wisata alam Jogja. Selain itu di sekitaran Goa Cerme terdapat pula goa-goa kecil seperti goa Ledek, goa badut, goa Kaum dan Goa Dalang, dulunya goa-goa ini sering digunakan untuk bersemedi.

Daya tarik ini di sebabkan Stalagtit dan Stalagmit yang mengagumkan dapat kita jumpai di Goa Cerme ini. Sungai bawah tanah juga menambah keseruan menikmati wisata alam goa ini, lantai goa juga digenangi air sedalam kurang lebih 1 meter.  hingga 1,5 meter. Goa ini terdiri dari banyak ruangan dengan bentuk yang bermacam-macam seperti Kahyangan , Gedung Sekakap, Kraton,  Panggung Pertemuan, Watu Gilang, Lumbung Padi,  Air Zamzam, Mustoko, Air Suci, Watu Kaji, Pelungguhan atau Paseban, Grojogan Sewu, Air Penguripan, Gamelan,  dan Watu Gantung. Selain itu juga ada Air penguripan, Batu Gamelan, Batu Gilang, Lumbung Padi, Gedung Sekakap, Kraton, Goa Lawa dan Watu Gantung.

Banyak hal menarik lainya yang bisa anda dapatkan disini, keseruan ini tentu datang dari pemikiran anda. Sebagai goa yang masih terjaga keaslian alamnya, Goa Cerme menawarkan beberapa petualangan menantang didalamnya. Dengan jarak tempuh sekitar 1,5 km dari pintu masuk yang berada di wilayah Bantul, dan berakhir di desa Ploso Kabupaten Gunungkidul, selama jarak tempuh tersebut Anda akan berjalan didalam air dengan ketinggian air maksimal 1 – 1,5 meter. Licinya bebatuan dan terjalnya batu karang yang ada didalam air tersebut, akan menantang Anda sebagai petualang untuk tetap bertahan hingga menempuh batas akhir dari Gua Cerme.

suasana goa cerme

Menikmati wisata alam Jogja yang penuh keseruan seakan melepas penat yang menggumpal di pikiran. Sensasi yang tidak bisa Sobat rasakan di tempat lain, seakan semakin memperjelas indahnya negeri ini. Sebuah hadiah karunia Tuhan, yang masih bisa kita nikmati hingga sekarang, seolah memberi kesempatan kepada kita untuk tetap menjaga dan melindungi tempat ini indah.Sama seperti sebelum–sebelumnya, tetap jaga kebersihan kawasan wisata dengan tidak membuang sampah sebarangan. Agar generasi selanjutnya, tetap dapat merasakan keindahan ini

Tips berwisata menuju Goa Cerme

  1. Karena ruangan di dalam goa yang gelap dan sangat minim penerangan, pengunjung diwajibkan untuk membawa alat penerangan seperti senter atau sebuah obor.
  2. Karena medan jalan yang cukup sulit, jangan panik ketika Anda sedang berada di dalam gua. Nikmati saja keindahan demi keindahan yang ada di setiap tempat yang Anda lalui.
  3. Jangan sampai lupa untuk menyiapkan pakaian ganti karena disini banyak ruangan yang kapasitas airnya hampir mencapai atap gua. Jadi Anda sudah harus bersiap-siap untuk basah kuyup.
  4. Gunakanlah sepatu, jika diperlukan gunakanlah sepatu boot untuk melindungi kaki Anda dari bebatuan di dalam gua yang cukup tajam.
  5. Usahakan untuk jangan terlalu sering menggunakan flash pada waktu sedang mengambil gambar di dalam goa, karena cahaya dari kamera bisa menakuti hewan yang hidup dalam goa ini.
  6. Jangan memegang ornament di dalam goa yang masih hidup karena itu bisa merusak dan menghentikan pertumbuhannya.

Transportasi ke Goa Cerme

Jika Anda dari terminal Giwangan dapat menuju jalan Imogiri timur dan Anda akan menemukan sebuah papan petunjuk arah untuk menuju Goa Cerme. Setelah Anda melewati Air Terjun Goa Cerme bantul yogyakarta yang ada di Kawasan Selopamioro, Anda akan melewati tajakan yang cukup tajam. Karena itu sebelum melakukan perjalanan ke Goa Cerme usahakan kendaraan Anda dalam konsisi yang prima. Anda juga dapat mencapai Goa Cerme menggunakan fasilitas transportasi umum. Dari terminal Giwangan Anda bisa naik angkutan umum dengan rute Jogja-Imogiri-Cerme. Setelah itu Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk sampai ke Goa Cerme. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke Goa Cerme adalah pada waktu pagi hari karena bus yang terakhir menuju Cerme adalah sekitar pukul 14.00 WIB.

keindahan goa cerme

► You Tube : Wira Tour Jogja

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke Goa Cerme dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya, bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

 

Paket Wisata jogja 
1. Paket Wisata 1 Hari
2. Paket Wisata 2 Hari 1 Malam
3. Paket Wisata 3 Hari 2 Malam
4. Paket Wisata 4 Hari 3 Malam
5. Paket Wisata 5 Hari 4 Malam
6. Paket Wisata Jogja Lainnya
7. Sewa Mobil Jogja

 

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*