Foto Selfie di Telaga Biru Gunungkidul

Rate this post

Panorama Wisata di  Telaga Biru Semin Gunungkidul

telaga biru 1

Hingga saat ini semakin banyak wisata alam yang sering di temukan di daerah Jogja. Wisata alam ini merupakan wisata yang paling menjadi salah satu pilihan yang selalu dikunjungi para wisatawan. Banyak juga Wisata buatan yang sengaja di buat warga sekitar untuk menarik para wisatawan, juga  bertujuan untuk merawat alam dan lingkungan. Di manfaatkan juga untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar. Salah satu wisata buatan yang di kembangkan di Gunungkidul adalah Telaga Biru Semin Gunungkidul dan menjadi salah satu tempat wisata gunungkidul yang indah pesona alamnya.

Sejarah Terbentuknya Telaga Biru Gunungkidul

Telaga Biru Semin Gunungkidul terletak di kawasan area Tambang Batu Putih, dusun Ngentak, Candirejo, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta. Telaga Biru Semin ini dulunya merupakan area tambang batu putih di wilayah daerah Kecamatan Semin.  Aktivitas penambangan batu putih tersebut lama kelamaan tiap hari makin dalam dan menyentuh air tanah. Sehingga air keluar dari dalam tanah, area pertambangan tersebut menjadi sebuah danau – danau kecil yang berwarna biru kehijauan.

Warga sekitar memanfaatkan telaga biru bekas pertambangan batu putih ini menjadi tempat wisata.  Telaga biru ini mulai terkenal lewat media social yang banyak orang berfoto dengan backgroundnya telaga biru. Kalau anda sedang berkunjung di sana, anda harus berhati-hati, karena banyak danau-danau kecil yang lumayan dalam, dan lokasi tempat wisatanya lumayan agak licin karena banyak tumbuh lumut di sekitar tempat wisata tersebut.

Tips Berwisata di Telaga Biru Semin

Kalau anda ingin menuju kesana anda harus berhati – hati sebab jalannya lumayan jauh dan agak terjal. Kalau mau pergi kesana anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bisa menggunakan penyedia jasa sewa mobil jogja / rental mobil jogja. Saat dalam perjalanan anda bisa menikmati pesona alam di sekitar jalan yang menuju tempat wisata Telaga Biru Semin. Saat menuju lokasi anda juga bisa mampir dulu atau nanti saat pulang untuk mengunjungi obyek wisata gunungkidul lainnya seperti wisata pantai gunungkidul, wisata kuliner,  dan wisata lainnya. Sampai di lokasi Telaga Biru Semin, kelelahan anda akan terobati dengan keindahan pesona alam di tempat wisata tersebut.  

Rute Lokasi Telaga Biru Semin Gunungkidul

  • Apabila anda ingin melalui utara atau melalui kota jogja, anda bisa melewati  jalan dari pusat kota jogja → Jalan Solo → Prambanan → Cawas → Menuju arah Sukoharjo → Tugu perbatasan Sukoharjo dan Gunungkidul → Candirejo → Ngentak → Telaga Biru Semin.
  • Dan anda bisa lewat jalan alternative lainnya dari kota  Jogja → Jalan Wonosari → Piyungan → Bukit Bintang → Sambipitu → Lanud TNI AU Gading – Siyono → Wonosari → Selang → Wiladeg → Perempatan Pasar Karangmojo ke utara → Pertigaan Kepil ke kanan arah Semin → Pasar Semin → Jalan Weru Semin → Ngentak Candirejo → Telaga Biru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*