Embung Nglanggeran

Menikmati Panorama Alam di Embung Nglangeran

Wira Tour Jogja – Bagi Anda yang suka / senang berwisata, objek wisata di Gunungkidul mungkin bias menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang mungkin ingin anda jelajahi. Nah, untuk melengkapi pilihan alternatif destinasi atau tujuan wisata di kawasan objek wisata gunning kidul. Anda juga bias berkunjung ke tempat wisata di dekat Gunung Api Purba, yaitu Embung Nglanggeran. Embung Nglanggeran yang merupakan kolam tampungan air buatan yang telah dibangun di kawasan lokasi Kebun Buah Nglanggeran. Ini merupakan salah satu destinasi wisata pilihan yang berada di kawasan objek wisata Gunungkidul.

Lokasi Obyek Wisata Nglanggeran

Rute alamat dan arah lokasi objek wisata Embung Nglanggeran mulai banyak ditanyakan seiring dengan obyek wisata ini menjadi buah bibir di kalangan para wisatawan akhir-akhir ini, terlebih lagi objek wisata Embung nglangeran ini mulai banyak dikunjungi wisatawan sejak diresmikan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Panorama alam yang ada dipadukan dengan kolam buatan yang berada di puncak bukit ini seolah-olah menawarkan sebuah fenomena baru bagi pengunjung, apalagi di saat senja mulai tiba tatkala sang surya mulai menghilang di ufuk barat, pemandangan alam ini akan terlihat lebih sempurna.

Embung Nglanggeran ini asal mulanya merupakan bukit yang bernama Bukit Gunung Gandu. Akan tetapi kemudian dengan sengaja dikeruk untuk dijadikan sebuah telaga/danau/kolam buatan untuk menampung air hujan yang digunakan untuk dapat mengairi kebun buah yang ada di sekitarnya. Kata ‘Embung’ itu sendiri biasanya dipergunakan oleh orang Jawa untuk menyebut nama telaga buatan yang berfungsi sebagai sarana pengairan. Embung Nglanggeran ini berlokasi di kawasan Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Denah lokasi Embung Nglanggeran

Bagi yang ingin mengunjungi Embung Nglanggeran yang panoramanya eksotis ini,  Anda bisa langsung datang ke lokasi objek wisata tersebut. Jika Anda berangkat dari Jogja, silahkan anda menuju ke arah tenggara menuju Ringroad Ketandan, yang tepatnya Jalan Wonosari. Kalau Udah sampai di perempatan Jalan Wonosari ini, anda  ikuti saja jalan Wonosari tersebut, lurus tanpa berbelok selama kurang lebih sekitar 15 km hingga tiba di daerah Piyungan, yang tepat pada traffic light ke-3. Pada saat  titik ini, Anda  lurus saja menuju kawasan Bukit Patuk atau yang biasa sering dikenal dengan Hargodumilah atau “Bukit Bintang”, dimana anda dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari atas. Setelah melewati kawasan bukit ini, anda akan menemui sebuah perempatan yang tepat diatas bukit, nah pada simpangan perempatan jalan ini ambilan yang arah ke kiri menuju Desa Ngoro-Oro.

Meski jalannya agak lebih sempit, ikuti jalan tersebut kurang lebih sekitar 5 km hingga anda menemui beragam  menara relay atau transmisi stasiun TV. Kurang lebih sekitar 200 meter dari lokasi menara-menara tersebut, Anda akan mendapati sebuah pertigaan jalan yang tepat pada awal tanjakan depan UPT Puskesmas Patuk II. Pada titik ini, sobat ambil saja arah jalan yang ke kanan – Pendopo Kalisong ikuti terus jalan aspal – pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri – liat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di jalan tikungan dan pertigaan – Kebun Buah Nglanggeran.