Desa Wisata Krebet

Pesona Belanja Di Desa Wisata Krebet

desa wisata krebet

Desa Krebet berada di kawasan Desa Sendangsari Kecamatan Pajangan kurang lebiih sekitar 12  km barat daya kota Jogja bersebelahan dengan lokasi tempat wisata Goa Selarong .Secara geografis lokasi dari dusun Krebet terletak didaerah bukit Selarong, didaerah  paling ujung utara dari  kecamatan Pajangan dan berbatasan langsung dengan kawasan Desa Guwosari, Triwidadi dan Bangunjiwo. Saat ini desa wisaa Krebet berpenduduk sekitar kurang lebih 800 jiwa dengan luas wilayah yang lumayan luas dan tanahnya berupa tanah kapur yang terdiri dari tegalan dan pekarangan.

Sejarah Desa Krebet

Asal mula dari desa wisata krebet ini dulunya merupakan hutan diatas bukit selarong yang tidak bisa ditinggali sebab kawasannya berupa semak berduri dan sejumlah pohon kayu yang tidak begitu berharga. Lama kelamaan banyak warga di sekitar bukit yang membuka lahan hutan tersebut untuk dijadikan sebagai lahan pertanian. Salah satunya diantaranya adalah keturunan warga mangir yakni mangir bedhah yang banyak tersebar didaerah utara sampai ke daerah desa sedayu dan triwidadi, salah satu penduduk diantaranya adalah Nenek Kasem yang mencoba membuka lahan di wilayah perbukitan tersebut. Untuk memudahkan nenek ini menjawab pertanyaan tetangga dimana beliau membuka lahan atau menggarap ladang maka nenek ini menyebut satu nama pohon yang paling besar dan mudah dipandang dan nama pohon tersebut adalah pohon Krebet. Pohon krebet sendiri sampai saat ini masih berada diperempatan dekat sanggar punokawan yang berada di sendang tirto waluyo.

Kerajinan di Desa Krebet

Namun seiring perkembangan waktu entah bagai mana awalnya mereka mengalami perubahan mata pencaharian yang dahulunya banyak berprofesi sebagai petani justru sekarang ini banyak penduduk yang beralih profesi ke kerajinan. Kerajinan yang dihasilkan pun sekarang ini sudah bervariasi dan beragam jumlahnya mulai dari souvenir untuk keperluan pernikahan yang berupa gantungan kunci, pembatas buku dan lain sebagainya. Adapun juga souvenir topeng yang dilukis bermotif batik. Harga kerajinannya ditempat ini lumyn sangat terjangkau yakni mulai pada kisaran 2 ribu sampai dengan 300 ribu rupiah. Desa ini merupakan salah satu dari banyak desa wisata yang bias menjadi salah satu pilihan lokasi wisata yang ada di Yogyakarta.

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*