7 Daftar rekomendasi wisata candi di Jogja

7 Daftar rekomendasi candi saat liburan di Jogja 

 

Rekomendasi Candi di Jogja 

Jika sedang berlibur ke kota Jogja, tentu ingin sekali menikmati tempat-tempat wisata candi di Jogja. Kota Jogja memang tak hanya terkenal sebagai kota pendidikan saja, melainkan di kota ini kita bisa menyinggahi berbagai macam pilihan wisata candi yang menawan dan tentunya membuat kita semakin penasaran. Wisata candi yang ada di Yogyakarta memang begitu lekat dengan sejarahnya yang sudah tersohor hingga ke pelosok negeri. Belum lagi keajaiban yang membentuk sebuah candi tentu memberikan rasa keingintahuan tersendiri. Ada beberapa pilihan tempat wisata candi yang menarik dan terbaik di kota Jogja yang bisa Anda singgahi di bawah ini.

1. Candi Sambisari, Sleman

Candi Sambisari adalah candi Hindu yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Merupakan candi yang dulunya terkubur akibat dari erupsi Gunung Merapi yang sangat dahsyat. Candi ini ditemukan pada tahun 1966 dan baru selesai dipugar pada tahun 1987

Cek Lokasi tepatnya Di Sini (Google MAP)

 

wiratourjogja.com

 

Baca Artikelnya : Candi Sambisari Sleman, Yogyakarta

 

2. Candi Ijo, Sleman

Candi Ijo ini berada di kabupaten Sleman sebelah timur, yang berbatasan dengan kabupaten Bantul, dan alamat candi ini tepatnya berada di kawasan lokasi wisata Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Lokasi candi ini berada di lereng barat sebuah bukit, bukit ini juga masih merupakan salah satu bagian dari Perbukitan Batur Agung. Candi Ijo juga berdekatan dengan komplek Candi Ratu Boko yang jaraknya sekitar kurang lebih 4 Km. Candi ini berada pada ketinggian 375 dpl, sehingga kita bisa menikmati keindahan jogja dari ketinggian.

Cek Lokasi tepatnya Di Sini (Google MAP)

Baca Artikelnya :  Panorama Mengagumkan di Candi Ijo

 

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah termasuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, yang merupakan candi Hindu terbesar dan terindah di Asia Tenggara. Sebagai salah satu candi termegah di kawasan Asia Tenggara, candi ini juga menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia. Menurut prasasti Siwagrha, Candi Prambanan mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, di masa kerajaan Medang Mataram. 

Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten,kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Cek Lokasi tepatnya Di Sini (Google MAP)

 

candi prambanan 1

 

Baca Artikelnya : Sejarah dan Keindahan Candi Prambanan

 

4. Candi Ratuboko

Candi Ratu Boko atau dalam bahasa jawa adalah purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Situs Ratu Baka terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 mdpl. Dan memiliki luas keseluruhan komplek sekitar 25 ha. Secara administratif, situs ini berada di wilayah dua Dukuh, yakni Dukuh Dawung dan Dukuh Sambireja, Desa Bokoharjo dan Desa Prambanan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia.

Nama “Ratu Baka” berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Baka (bahasa Jawa, arti harafiah: “raja bangau”) adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat Loro Jonggrang.

Cek Lokasi tepatnya Di Sini (Google MAP)

Baca Artikelnya : Menikmati Candi Ratu Boko dan Pesona Alamnya

 

5. Candi Sewu

Candi Sewu atau Manjusrighra adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 yang berjarak hanya delapan ratus meter di sebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu berusia lebih tua daripada Candi Borobudur dan Prambanan.

Kompleks candi Sewu adalah kumpulan candi Buddha terbesar di kawasan sekitar Prambanan, dengan bentang ukuran lahan 185 x 165 meter. Pintu masuk kompleks dapat ditemukan di keempat penjuru mata angin, di setiap pintu masuk dikawal oleh sepasang arca Dwarapala. Arca raksasa penjaga berukuran tinggi sekitar 2,3 meter ini dalam kondisi yang cukup baik, dan replikanya dapat ditemukan di Keraton Yogyakarta.

Cek Lokasi tepatnya Di Sini (Google MAP)

 

 

6. Candi Plaosan

Candi Plaosan adalah sebutan untuk kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur – laut dari Candi Sewu atau Candi Prambanan. Kompleks Candi Plaosan terdiri atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Pada masa lalu, Kompleks percandian ini dikelilingi oleh parit berbentuk persegi panjang. Sisa struktur tersebut masih bisa dilihat sampai saat ini di bagian timur dan barat candi.

Cek Lokasi tepatnya Di Sini (Google MAP)

 

7. Candi Kalasan

Candi Kalasan atau Candi Kalibening merupakan sebuah candi yang dikategorikan sebagai candi umat Buddha terdapat di desa Kalasankabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta, Indonesia. Candi ini memiliki 52 stupa dan berada di sisi jalan raya antara Yogyakarta dan Solo serta sekitar 2 km dari candi Prambanan. Pada awalnya hanya candi Kalasan ini yang ditemukan pada kawasan situs ini, namun setelah digali lebih dalam maka ditemukan lebih banyak lagi bangunan bangunan pendukung di sekitar candi ini. 

Cek Lokasi tepatnya Di Sini (Google MAP)

 

 

Baca Artikelnya :  Tempat Wisata Bersejarah, Candi Kalasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *