Curug Tersembunyi di Bantul Air Terjun Tuwondo

Pernah admin jalan-jalan muter-muter keliling di daerah Bantul. Tak lama kemudian mampir disalah satu tempat makan di jogja untuk beristirahat sambil melepas lelah. Tanpa disadari admin mendengar mengenai tempat wisata di jogja yang baru yaitu “curug tersembunyi di Bantul. Admin jadi penasaran mengenai tempat wisata itu, admin terus menggali informasi lagi. Pada akhirnya admin tau mengenai informasi nama tempat wisata tersebut. Nama tempat wisata yang baru tersebut adalah “Air Terjun Tuwondo”, lokasinya berada di daerah lokasi wisata Bantul.


Lokasi Air Terjun Tuwondo

Pesona Alam Curug Tuwondo atas by spadepicnic.wordpress.com

Lokasi tempat wisata ini menurut informasi yang admin dapat, berada di daerah desa Banyakan Bantul. Lalu admin mencari lebih detail lagi mencari alamat pasnya berada dan rute jalan untuk pergi ke lokasi tersebut. Setelah berselancar di dunia maya / internet, admin menemukan lokasi alamat detailnya di web situsnya spadepicnic.wordpress.com. Di dalam situs tersebut admin menemukan alamat lengkap dan informasi mengenai petunjuk jalan apabila ingin pergi ke sana.

Lokasi Air Terjun Tuwondo atau Curug Tuwondo berlokasi di Dusun Lemah Abang, Desa Banyakan, Sitimulya,  Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini berada di dataran tinggi, udaranya sejuk dan banyak pepohonan, seperti tempat wisata Hutan Pinus Mangunan. Selain udara yang sejuk di lokasi sahabat bisa mengabadikan moment di tempat wisata ini dengan berselfie bareng teman maupun keluarga.


Rute Menuju Lokasi Air Terjun Tuwondo

Pesona Alam Curug Tuwondo Bawah by spadepicnic.wordpress.com

Akses jalan menuju tempat wisata Air Terjun Tuwondo cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jasa sewa mobil jogja. Didalam perjalanan anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar jalan. Anda juga bisa mempersiapkan stanmina dan kesehatan supaya bisa menikati pesona alam yang begitu mempesona ini.

Untuk rute yang bisa di tempuh dari jogja. Dari Jogja berkendaralah menuju Jln. Wonosari. Setelah berada di  Jln Wonosari arahkan kendaraan ke wahana Kids Fun. Setelah sampai di perempatan Kids Fun selanjutnya arahkan kendaraan ke selatan ke arah Sitimulyo, Piyungan. kira-kira setelah kurang lebih 10-15 menit perjalanan anda akan menemui makam dikanan jalan. Setelah sampai di makam yang kanan jalan, sebelah kiri makam ada gang masuk. Selanjutnya anda masuk gang ke kiri dan arahkan kendaraan menuju TPA Piyungan. Lokasi wisata Curug Towondo letaknya tidak jauh dari TPA Piyungan.  Bahkan dari curug Toundo kita bisa melihat bahkan mencium bau tak sedap dari TPA Piyungan.


Mengenai Curug Tuwondo / Air Terjun Tuwondo

Photo By : @ihsanudn & @dimas.hy. sumber. eksotisjogja.com

Air terjun Tuwondo atau sering di sebut Curug Tuwondo merupakan wisata air terjun yang termasuk salah satu lokasi di kabupaten Bantul. Kenapa Air terjunnya bisa di beri nama dengan dengan nama “Tuwondo”. Mari kita pahami bersama-sama. Asal muasal nama Air Terjun Tuwondo berasal dari kata “tu” dan dari kata “ondo”.

Kalau di pahami lebih teliti lagi, kata “tu” dan “ondo berasal dari bahasa Jawa. Kenapa bisa begitu ya?. Kalau dipahami lebih dalam lagi kata “tu” yang merupakan singkatan dari kata “Watu” (dalam bahasa Jawa) yang berarti “Batu”.  Sedangkan untuk kata “ondo” itu sendiri dapat diartikan “tangga” sebab air terjun itu mirip seperti “tangga” atau “ondo”.

Curug Tuwondo berada didekat area persawahan warga dan rimbunnya bukit Piyungan. Untuk mencapai lokasi tersebut kita bisa trekking menyusuri hamparan sawah penduduk sekitar 15 menit sambil menikmati pesona alam yang ada.Curug Tuwondo mempunyai 2 curug yang memiliki jalur dan aliran yang sama, yaitu curug Tuwondo ‘bawah’ dan curug tuwondo ‘atas’. Untuk curug Tuwondo yang paling bawah bentuknya mirip seperti ‘Tlusuran’ yang ada di Taman Kanak-kanak. Sedangkan untuk curug Tuwondo atas, agar bisa mencapai curug tersebut kita bisa mendaki bebatuan yang berada disamping curug. Untuk curug yang atas lebih berbentuk daripada curug yang bawah.

Sahabat tidak usah khawatir mengenai pesona alam yang ada di curug tersebut. Sebab pesona alam yang ada begitu indah dan udaranya yang segar. Dan apabila kita ingin anak cucu kita juga bisa menikmati pesonanya. Kita sebagai generasi sekarang harus bisa menjaga dan melestarikannya agar bisa di nikmati generasi selanjutnya.


Referensi :

  1. spadepicnic (2015). “Blusukan ke Curug Tuwondo ‘atas’ di Sitimulyo, Piyungan“.
  2. Eksotisjogja.com. ” W13 Wisata Air Terjun di Bantul yang Eksotis dan Instagramable“.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*