Bunker Kaliadem Sleman

3.1 (62.5%) 8 votes

Para pecinta wisata jogja, untuk kesempatan saat ini wiratourjogja ingin membagi pengalaman tentang informasi destinasi wisata unik di sekitar Gunung Merapi. Wisata unik itu adalah Bunker kaliadem yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dari lahar panas Gunung Merapi di Kaliadem. Bunker ini dulunya juga menjadi salah satu saksi bisu keganasan lahar dingin gunung merapi tahun 2010 silam.

bunker kaliadem 1

Mengenalkan sedikit mengenai lokasi wisata Kaliadem. kokasi wisata Kaliadem merupakan sebuah lokasi wisata yang bisa memungkinkan Anda untuk melihat pesona keindahan Gunung Merapi. Pada tahun 2010 silam lokasi wisata ini terdapat jejak dan bukti darikeganasan letusan gunung merapi. Berbicara mengenai lokasi dari tempat wisata Kaliadem. Lokasi wisata kaliadem ini berada di kawasan wisata desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Lokasi ini berada ± 25-30 km utara Kota Yogyakarta/kraton Jogja. Saat berada di kawasan lokasi wisata kaliadem ini, anda akan dimanjakan dengan lokasi wisata alam. Selain itu juga sejuk alam pegunungan, dan memiliki banyak keindahan serta keunikan alam lainnya.

Mengingat fungsi dan keberadaan Gunung Merapi dengan fenomena vulkaniknya, morfologi gunung serta lembahnya, hutan alam dengan keanekaragaman flora dan fauna. Serta kondisi sosial budaya yang unik merupakan salah satu potensi yang sangat besar untuk kegiatan wisata alam. Di lokasi wisata kaliaden terdapat banker yang berfungsi untuk melindungi dari lahar dingin gunung berapi. Pasca meletusnya gunumg merapi 2010 silam di dalam banker kaliadem masih terasa hawa panas yang sepenuhnya hilang.

Fungsi Bunker Kaliadem

Banker kaliadem mempunyai fungsi dan peranan sebagai tempat berlindung, bersembunyi dan menyelamatkan diri. Banker yang difungsikan untuk berlindung dan penyelamatan dari ganasnya Gunung Merapi ini di bangun pada zaman penjajahan Belanda. Para wisatawan yang ingin melihat keadaan di dalam Bunker diperbolehkan masuk oleh petugas. Di bagian depan Bunker kaliadem ini terdapat pintu besiyang dapat dibuka dan didorong apabila ingin masuk kedalam banker. Di dalam Banker kaliadem terdapat sebuah ruang lapang, kira-kira mungkin kira-kira seukuran sebuah ruang seminar kecil. Bentuk ruangan tersebut seperti setengah lingkaran, didalam ruangan tersebut terdapat beberapa bekas lahar dingin yang sudah menjadi batu.

Selain itu dibagian luar Banker memiliki pemandangan yang khas dengan suasana alam pegunungan. Apalagi saat cuacanya bagus dan cerah membuat tatapan kita seakan takjub. Di sana juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan khas merapi serja menjajakan minuman hangat juga. Sayang untuk di lewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*