Info Belanja

SUNMOR (Sunday Morning) UGM Jogja | Wira Tour Jogja

4 HAL YANG HARUS KALIAN KETAHUI TENTANG SUNMOR (SUNDAY MORNING) UGM JOGJA
JOGJA – Generasi Millenial dan Generasi Z merupakan public marketing yang menjadi momok sasaran bagi para pedagang untuk memasarkan produk yang dijualnya. Mengapa demikian, karena generasi sekarang ini adalah generasi yang suka belanja apalagi produk-produk yang dibelinya sesuai dengan trend masa kini. Generasi sekarang adlah generasi yang menukai hal-hal viral, hal baru, hal perhatian publik serat yang memberikan motivasi untuk kehidupan yang lebih menarik.

1. Merupakan Pasar Dadakan
Sunmor (Sunday Morning) UGM Jogja. Sunmor adalah salah satu tempat wisata di Jogja yaitu pasar dadakan yang diadakan pada hari minggu mulai pukul 05.00 – 12.00 WIB. Pasar ini berlokasi di sekitar lembah UGM (Universitas Gadjah Mada) di Jl. Notonegoro hingga Jln. olahraga dan sebagian Jln. selokan mataram sebelah timur dengan menempati area seluas 2400 m2 yang berada diantara kampus UGM dengan kampus UNY. Filosofi sunmor muncul dari masyarakat dan mahasiswa dengan menjuluki area berdagang di sekitar kampus UGM yang hanya dilangsungkan pada hari minggu pagi. Area kampus UGM pada hari minggu sering digunakan untuk berolahraga oleh masyarakat sekitar dari berbagai kalangan. Seiring dengan meluapnya masyarakat yang berolahraga sekaligus menikmati libur akhir pekan di kawasan UGM ini, maka tendorong untuk para pedagang menjajakan dagangannya dengan mendirikan lapak-lapak di sekitar area Lembah UGM yang dijadikan spot olahraga itu. Awalnya hanya berupa jajanan kuliner saja, namun sekarang berkembang berbagai macam baju dan lain lain.

2. Beraneka Ragam Dagangan
Lokasi ini dijadikan layaknya “pasar” yang diadakan setiap hari minggu pagi saja. Bahkan mahasiswa pun ikut andil dalam membuka usaha dan menjajakan dagangannya disana. Dagangan yang dijual beraneka ragam, mulai dari baju, boneka, cemilan, sepatu dan beraneka ragam dagangan lainnya. Selain itu juga di area sunmor, juga menyediakan berbeagai macam menu sarapan, mulai dari lontong sayur, nasi kuning, bubur ayam, pecel es krim pot lengkap dengan cacing buatan dari jelly dan bunga segar, sosis bakar, otak-otak, pukis, cimol, bakso tusuk, hingga minuman jamu seperti kunyit asam, beras kencur dan masih banyak lainnya. Harga barang dagangannya juga sangat terjangkau, tentunya faktor kompetisi dengan pedagang lain yang menjual barang, tentu juga agar barang dagangannya cepat laku dan perputaran modal bisa lebih cepat. Untuk kamu yang baru pertama kali ke Sunmor sebaiknya pada kunjungan pertama survey harga dulu ke setiap pedagang yang menjual barang serupa agar mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah.

3. Tempat Cari Dana Mahasiswa
Ketika sedang makan tolong siapkan uang receh karena akan banyak pengamen yang biasanya memamerkan suaranya. Peran mahasiswa ini merupakan sekelompok mahasiswa yang menjajakan suaranya untuk mengumpulkan dana kepanitiaan dan organisasi di kampusnya. Biasanya Sekelompok mahasiswa juga menajajankan camilan kekinian di sini, dari pecinta fashion, anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis pakaian mulai dari baju tidur, pakaian batik, kebaya, hingga hijab. Di sunmor ini pengunjung juga bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Yogyakarta atau aksesoris unik yang dijual dengan harga murah. Diharapkan para pengunjung yang datang harus rela berdesak-desakan, tidak ada salahnya untuk datang dan berbelanja barang dengan harga terjangkau di pasar sunday morning (sunmor) ini. Potensi menarik bagi para wisatawan atau dapat di jadikan sebagai tempat wisata. Bagi para pedagang keberadaan sunmor ini sangat strategis dan dapat menguntungkan dalam usaha promosi atau menjajakan barang dagangannya. Bagi para mahasiswa maupun mahasiswi yang membuka lapaknya di area ini pun, keberadaan sunmor dapat dijadikan tempat untuk menggali potensi berwirausaha mereka.

4. Menarik Dikunjungi
Diadakan Sejak Krisis Moneter
Sunmor yang rutin diadakan setiap minggu pagi ini ternyata mulai ada pasca krisis moneter di tahun 1997. Tentu saja mengingat saat itu banyak harga barang jadi tak jelas harganya maka dibukalah sunmor (Sunday Morning).
Letaknya Yang Menggalaukan
Pada mulannya sunmor berada kawasan di area Auditorium Graha Sabha Pramana UGM tapi sejak tahun 2009. Sunmor diadakan Pihak UGM sendiri mulanya ingin memindahkan sunmor ke pedukuhan karang Malang namun tak disetujui pedagang
Penjualnya Yang Baik-Baik
Kebanyakan yang ada di sunmor adalah mereka para pengusaha kecil menengah dan bahkan ada juga mahasiswa yang nyambi mencari rejeki. Jangan takut ke sunmor kamu tidak akan dipatok harga tinggi dan mereka sangat ramah tamah.

Ringkasan
4 HAL YANG HARUS KALIAN KETAHUI TENTANG SUNMOR UGM JOGJA
Nama Artikel
4 HAL YANG HARUS KALIAN KETAHUI TENTANG SUNMOR UGM JOGJA
Deskripsi
JOGJA - Generasi Millenial dan Generasi Z merupakan public marketing yang menjadi momok sasaran bagi para pedagang untuk memasarkan produk yang dijualnya. Mengapa demikian, karena generasi sekarang ini adalah generasi yang suka belanja apalagi produk-produk yang dibelinya sesuai dengan trend masa kini.
Penulis
Nama penerbit
wiratourjogja.com
Publisher Logo