Astana Giribangun

Astana Giribangun, Kompleks Pemakaman Presiden Soeharto

 

Astana Giribangun adalah sebuah mausoleum bagi keluarga mantan presiden Indonesia ke-2, Presiden Soeharto. Lokasinya terletak di sebelah timur kota Surakarta tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Kompleks pemakaman ini dibangun di atas sebuah bukit, di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 666 meter dpl. Dikelilingi pemandangan alam yang indah, taman-taman yang menghijau, dan suasana yang rindang. Kondisi ini membuat suasana nyaman bagi para peziarah saat berada di kawasan kompleks makam.

Masuk Astana Giribangun

Baca Juga : Abhayagiri Jogja, Restaurant Dengan Kenikmatan yang Menawan

Tepat di bawah Astana Mangadeg, komplek pemakaman para penguasa Mangkunegaran, salah satu pecahan Kesultanan Mataram. Astana Mangadeg berada di ketinggian 750 meter dpl. Pemilihan posisi berada di bawah Mangadeg itu dengan alasan untuk tetap menghormat para penguasa Mangkunegaran, mengingat Ibu Tien Soeharto adalah keturunan Mangkunegoro III. Astana Giri Bangun dibangun pada tahun 1974 oleh Yayasan Mangadeg Surakarta, dan diresmikan penggunaannya para tahun 1976. Peresmian itu ditandai dengan pemindahan sisa jenazah Soemaharjomo (ayah Tien Soeharto) dan Siti Hartini Oudang (kakak tertua Ibu Tien).

 

komplek astana giribangun

 

Kompleks Astana Giribangun mengadopsi model bangunan rumah khas Jawa yaitu Joglo. Di dalam Astana ini juga terdapat makam Samber Nyowo atau Raden Mas Said. Empat tiang utama di dalam Cungkup Astana ini terbuat dari beton yang di hiasi dengan lapisan kayu ukiran asal Jepara. Astana ini memiliki 3 bagian cungkup yaitu Argotuwuh, Argokembang, dan Argosari.

  1. Mantan Presiden Soeharto beserta dengan istrinya dimakamkan di Cungkup Argosari yaitu cungkup utama, selain itu di cungkup ini juga terdapat makam kedua orang tua dari Sri Hartinah ( Bu Tien ). Dibagian teras cungkup Argosari disebut-sebut nantinya akan menjadi makam dari anak dan para menantu Soeharto. Sedangkan di selasarnya akan diperuntukkan makam bagi para penasehat harian, serta anggota pengurus Yayasan Mangadeg.
  2. Pada cungkup Argokembang, akan diperuntukkan makam bagi para pengurus pleno, para pengurus seksi Yayasan Mangadeg dan keluarga besar Mangkunegaraan.
  3. Cungkup Argowutuh merupakan cungkup terluar dari astana, pada cungkup ini juga diperuntukkan bagi para pengurus Yayasan Mangadeg dan keluarga Mangkunegaraan.

 

Baca Juga : Selfie Park Taman Pule Umbulharjo

Area ini telah disediakan tempat parkir yang luas. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, dipungut retribusi oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk pemeliharaan jalan menuju Astana Giribangun. Selain itu, terdapat beberapa pungutan tanpa tanda bukti yang dilakukan oleh yayasan. Yayasan memungut “biaya administrasi” untuk selembar surat ijin masuk makam dengan nilai seikhlasnya. Surat ijin itu diminta kembali oleh yayasan ketika memasuki cungkup Argosari. yang ingin memiliki foto selfie dekat pemakaman Soeharto akan dikenakan biaya sebesar 20.000 rupiah.

 

 

Untuk memasuki Astana Giribangun, para wisatawan tidak akan dikenakan biaya atau gratis. Untuk masuk ke kawasan ini, mereka hanya meninggalkan Kartu Tanda Penduduk kepada pengelola astana, dan akan diganti dengan izin masuk. Akan tetapi, di sana terdapat sebuah kotak, dan para wisatawan tersebut dapat member donasi seikhlasnya. Di kawasan wisata ini, para wisatawan tidak perlu membawa perbekalan banyak, sebab, dikawasan ini, banyak penjaja makanan, bahkan di setiap jalan mereka menjajakan barang dagangan. Kawasan Astana Giribangun juga dilengkapi dengan tempat peristirahatan pengunjung dan juga kios-kios souvenir, agar para wisatawan dapat membeli buah tangan untuk oleh-oleh.

Untuk Lokasi lebih detailnya silahkan gunakan Google Map berikut :

 

 

Baca Juga Artikel : Museum Memorial Jenderal Besar Soeharto

 Paket Sewa Mobil 

Paket Sewa Avanza  Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sew Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

 

Paket Wisata Komplit 1-5 Hari 

Paket  1 Hari Paket  2 Hari 1 malam Paket  3 Hari 2 malam
Paket  4 Hari 3 malam Paket  5 Hari 4 malam Paket  Study Tour

 
 Tujuan Wisata Bisa Di Rubah 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *