Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Rate this post

Asal usul air terjun sri gethuk

air terjun sri gethuk

wiratourjogja.com – Apa wisata di gunung kidul yang asyik?? Menikmati alam sekaligus rafting?? Ya kita tentu kita bisa menikmatinya di objek wisata air terjun sri gethuk gunung kidul. Letak air terjun sri gethuk gunung kidul berada di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan nan hijau, Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim panas atau musim hujan. Gemuruh suara airnya yang jatuh dari tinggi air terjun sri gethuk menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering. Gunungkidul yang merupakan daerah yang sering diasumsikan sebagai wilayah kering dan tandus ternyata juga menyimpan keindahan serupa, yaitu hijaunya aliran sungai yang membelah ngarai dengan air terjun indah yang tak pernah berhenti mengalir di setiap musim.

cerita air terjun sri gethuk

Menurut masyarakat sekitar, asal mula nama Gethuk sebenernya bukan makanan tradisional yang berasal dari singkong itu,akan tapi sebetulnya adalah Kethuk salah satu dari jenis perangkat gamelan jawa. Namun lidah kita seringkali lebih mudah menyebut Gethuk mengingat sebelumnya ada kata-kata Sri, jadi sebetulnya hanya untuk memudahkan saja. Menurut masyarakat sekitar, pada jaman kakek-kakek buyutnya. Di tempat seputar air terjun tersebut terdapat sebuah kerajaan lelembut yaitu semacam makhluk halus atau jin yang tentu tidak kasat mata. Pada hari atau saat saat tertentu konon di kerajaan tersebut sering terdengar latihan menabuh gamelan tersebut. Suara gamelan tersebut sangat nyaring saat di dengar oleh warga desa Bleberan. Suatu saat ketika ada sedikit keributan karena salah satu alat gamelannya hilang. Gamelan yang hilang tersebut namanya Kethuk. Maka terkenalah nama dari air terjun tersebut yang bernama Sri Kethuk  dan kemudian malah lebih dikenal dengan nama Sri Gethuk. Lokasi ini selanjutnya oleh pemerintah desa dikembangkan dan dijadikan sebagai tempat wisata gunungkidul dan dibuka untuk umum sejak tahun 2007.

Jalan menuju air terjun sri gethuk dari jogja

Jika kita ingin berekreasi ke Air Terjun Sri Gehtuk ini dari kota jogja atau dari malioboro kita akan menempuh jarak sekitar 45 km bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun mau sewa mobil,  Jika ingin memulai perjalanan dari pusat kota jogja ke tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Anda bisa mengambil arah ke daerah Wonosari, lalu ikuti terus jalan Jogja-Wonosari hingga sampai di pertigaan Gading. Di pertigaannya tersebut, terdapat sebuah papan penunjuk arah setelah membaca petunjuk arahnya, lalu  ikutilah jalan sesuai petunjuk arah tersebut hingga Anda tiba di daerah Playen gunungkidul. Di daerah Playen tersebut, terdapat banyak petunjuk arah yang menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk serta sejumlah objek wisata lainnya yang ada di gunungkidul. Sebaiknya Anda mengambil arah melalui jalan yang beraspal meskipun berjarak sedikit lebih jauh dibandingkan kalau melalui jalan off-road. Jalan off-road ini patut dihindari mengingat kondisinya yang lumayan buruk atau lebih tepatnya jalan yang  terjal dan berbatuan.

► You Tube : Wira Tour Jogja

Bagi anda dari luar kota jogja yang ingin berkunjung ke Air Terjun Sri Getuk dan tempat wisata  yang ada di jogja dan sekitarnya, bila anda tidak mau ribet kami Wira Tour Jogja menyediakan Paket Wisata di wilayah Jogja dan sekitarnya dengan harga murah lengkap dengan alat transportasi (termasuk sopir & BBM), tempat menginap, tempat makan serta tour guide prefosional dengan demikian anda akan menikmati liburan anda tanpa ribet menghitung biaya, lokasi tempat wisata, hotel, dll. Kami telah menyediakannya dalam satu paket simple yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. 

 

Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Site Kami :

wiratourjogja.com / wiratourjogja.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*