Air terjun Luweng Sampang

Kesejukan Lingkungan dan Menawanya Air terjun Luweng Sampang

Gambar 1. Air Terjun Luweng Sumedang

Saat mengunjungi jogja, sahabat bisa sekalian jalan-jalan dulu mengunjungi tempat wisata ataupun tempat belanja yang ada di jogja? Di lokasi wisata jogja banyak tempat wisata yang mungkin sahabat bisa kunjungi, baik wisata pantai, wisata air terjun, dan banyak wisata lainya. Ada juga wisata yang masih alami dan terjaga kelestariannya yang berada di hampir semua kabupaten yang ada di jogja. Salah satunya kabupaten Gunungkidul.

Kabupaten Gunungkidul sudah banyak yang tidak meragukan lagi mengenai tempat wisatanya, apalagi wisata pantai pasir putihnya yang begitu menawan untuk di nikmati. Di tempat wisata Gunungkidul juga terdapat surga yang tidak kalah menariknya dari wisata pantai yang terkenal dengan pasir putihnya, surga wisata ini tergolong masih baru yang tidak kalah dengan tempat wisata lainnya yang ada di gunung kidul. Tempat wisata ini mirip juga dengan Grand Canyon dan juga memiliki pesona alam yang indah yang mempunyai air tejun juga. Tempat wisata ini adalah Air Terjun Luweng Sampang.

Air terjun luweng sampang ini hampir mempunyai kesamaan dengan Grand Canyon, tapi air terjun ini bisa di sebut juga Grand Canyonnya Gunungkidul. Tempat wisata ini juga baru menjadi tren baru dikalangan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Hal Mengenai Air Terjun Luweng Sampang

Berbicara mengenai air terjun Luweng Sampang mengenai arti dari namanya berdasarkan Kamus bahasa Indonesia. Nama atau Istilah “Air Terjun”  yang berarti “aliran air yang melewati jeram hingga air itu jatuh bebas ke dasar sungai (lereng, lembah)” atau bisa berarti “formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian”. Untuk nama atau istilah “Luweng” yang berarti “sumur yg sangat dalam yg terdapat di dl gua (di pegunungan)” atau bisa berarti “lubang yg dalam” dan untuk nama atau istilah “Sampang” merupakan daerah yang menjadi tempat wisata air terjun luweng itu berada, atau Desa Sampang”.

Air tejun Luweng Sampang ini tidak kalah menariknya dengan Air terjun Sri Gethuk, air terjun ini sedikit berbeda sebab air terjun ini di kelilingi oleh batuan-batuan cadas yang berwarna putih yang menjadi hiasan tersendiri apalagi pada dinding batuan-batuan cadas itu memiliki garis-garis unik yang terbentuk dari terkikisnya batuan yang selalu terkena air, sehingga menjadi keindahan tersendiri buat tempat wisata ini. Air terjun isi sering di sebut Grand Canyon Gunung kidul, sebab memiliki kesamaan pada dinding tebingnya dengan Grand Canyon di amerika.

Suasana alam yang sejuk di tambah mendengar gemerciknya air menambah keindahan tersendiri buat sahabat yang ingin berkunjung menikmati alam di tempat lokasi ini. Disini sahabat juga bisa bersantai bareng keluarga sambil menikmati susasana alam yang ada di sekitar air terjun ini.

Sahabat juga bisa mengabadikan momen bareng keluarga ataupun dengan teman saat berkunjung di tempat wisata ini. Tapi sahabat jangan lupa menjaga kebersihan saat berkunjung di tempat wisata ini, supaya tetap terjaga kebersihan dan kelestarian yang sudah ada, biar bisa dinikmati orang lain atau generasi selanjutnya.

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Mungkin sebagian sahabat sudah tau mengenai alawat lokasi wisata air terjun ini? Atau bahkan mungkin sebagian dari sahabat pernah berkunjung ke sana? Mengenai lokasi tempat wisata Air Terjun Luweng Sampang ini tentunya terletak di kawasan tempat wisata Gunungkidul yang tepatnya beralamat di desa Sampang, kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Dan lokasi dari air terjun ini juga berada di perbatasan dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Rute Air terjun Luweng Sampang

Apabila sahabat mau mengunjungi lokasi wisata ini, sahabat bisa menggunakan kensaraan pribadi atau bisa menggunakan jasa sewa mobil jogja. Saat berkendara sahabat juga harus mengedepankan keslamatan dalam berlalulintas sekaligus keselamatan di jalan. Mengenai jarak air terjun ini berjarak kurang lebih sekitar 30 km dari pusat kota jogja, adapun rute yang bisa di tempuh apabila dari pusat kota jogja : Dari Jogja → Ringroad → Jln. Wonosari → Patuk (Perempatan dekatnya GCD FM ambil arah sebelah kiri) → Ngoro-oro Ombo (ada perempatan puskesmas patuk II ambil lurus aja) → Pertigaan padukuhan semilir (kekiri) → balai desa terbah  → ada pertigaan ambil lurus → ikuti jalan kurang lebih 3 km letak Air terjun luweng sampang di sebelah kanan jalan.

Gambar 2. Air Terjun Luweng Sumedang

Bagaimana sahabat? Apakah sahabat tertarik dan penasaran mengenai Air terjun Luweng Sampang ?

Mari sahabat bisa ajak teman, sahabat, keluarga, orang yang di cintai, ataupun siapa saja untuk menikmati pesona alam yang ada di Air terjun Luweng Sampang.

“ow iya para sahabat wira, jika sahabat suka mengenai artikel atau catatan kecil ini mengenai Air terjun Luweng Sampang  ini bisa sahabat share ke siapa aja atau teman-temanmu yang belum tau mengenai hal ini, sekalian sahabat juga bisa memajukan pariwisata yang ada di indonesia khususnya wisata di Jogja”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*