Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran Gunungkidul Yogyakarta

Air Terjun Kedung Kandang – Ini nih air terjun indah dari Desa Wisata Nglanggeran di Gunungkidul yaitu Air Terjun Kedung Kandang, Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini memiliki sengkedan kurang lebih 6 tingkat. Berada di area tengah sawah penduduk, sehingga menjadikan panorama air terjun kedung kandang sangat natual sekali, sejuk, adem, fresh dan tentunya terlihat hijau royo royo.

Air terjun kedung kandang ini belum dikelola secara resmi oleh Pemerintah dan pengelola wisata setempat. Untuk sementara ini pengelolaan wisata air terjun kedung kandang di kelola oleh Desa Wisata Nglanggeran.  Sehingga fasilitasnya sendiri belum tersedia, di sana hanya terdapat sedikit rumah penduduk yang menyediakan penitipan motor dan menjual makanan-makanan ringan. Lokasi air terjun kedung kandang berada di dusun Gunung Butak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun kedung kandang ini tidak jauh temapt wisata lainnya seperti embung nglanggeran dan gunung api purba nglanggeran, sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan objek wisatanya.

Air Terjun Kedung Kandang, Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta Wisata Murah Jogja Promo Paket Wisata Lebaran Promo Paket Tour Lebaran

Rute unutk menuju Air terjun kedung kandang teman-teman harus melewati jalan wonosari, naik menuju Kecamatan Patuk, Sebelum SMPN 2 Patuk ambil kiri ke arah Dusun Bobung, setelah teman-teman sampai perempatan silahkan ambil ke arah kiri, nanti bertemu dengan warung mie ayam mbak nining masuk ke kiri. Nanti ketemu Lapangan Volly. Sampai gerbang masuk air terjun kedung kandang teman-teman pasti akan disambut dengan ramah tamah warga, Jika bertemu dengan warga lokal jangan sungkan untuk sekedar menyapa, karena memang warga di sekitar air terjun kedung kandang sangat ramah.

Untuk jarak parkirannya sendiri sampai ke air terjun kedung kandang kurang lebih 1 KM, dan jalannya masih berupa jalan tanah, belum dicor atapun diaspal. Disana teman-teman bisa secara langsung melihat para petani sekitar air terjun kedung kandang sedang bercocok tanam.

baca juga artikel : Air Terjun Tuwondo

Air terjun kedung kandang sendiri sebenarnya memiliki 3 kedung dan ada sekitar 6 sengkedan air terjun. Kedung kandang adalah kedung paling bawah dan paling besar, lalu diatasnya ada kedung temanten dan kedung keris. Tetapi informasi yang diperoleh dari warga sekitar bahwa ada larangan untuk mandi atau nyemplung di kedung.

Air terjun Kedung Kandang adalah air terjun musiman yang ada ketika musim hujan saja. Jadi datang ke air terjun ini ketika  musim hujan tiba saja, karena saat musim kemarau, air terjun Kedung Kandang  benar-benar kering krontang tidak ada air yang mengalir sama sekali.

Biaya tiket masuk ke air terjun kedung kandang belum ada retribusi untuk masuk. air terjun kedung kandang hanya di kelola karang taruna setempat yang bekerja sama dengan Desa Wisata Nglanggeran.

Direkomendasikan berkunjung saat musim hujan, debit air lebih banyak dibanding musim kemarau.

 
 

Paket Sewa Mobil 

Paket Sewa Avanza  Paket Sewa Innova
Paket Sewa Toyota Hiace Paket Sewa Elf Short
Paket Sewa Elf Long Paket Sewa Medium Bus
Paket Sewa Big Bus Paket Sewa Toyota Fortuner
Paket Sew Toyota Camry Paket Sewa Toyota Alphard

 

Paket Wisata Komplit 1-5 Hari 

Paket  1 Hari Paket  2 Hari 1 malam Paket  3 Hari 2 malam
Paket  4 Hari 3 malam Paket  5 Hari 4 malam Paket  Study Tour

 
 Tujuan Wisata Bisa Di Rubah 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.