7 Tempat Ngabuburit di Jogja yang asik 2019

7 Spot Ngabuburit Di Jogja Yang di Jamin Asik di 2019

 

Bulan ramadhan bagi masyarakat Jogja tak hanya menjadi ajang memperkaya amalan akherat saja, karena tidak sedikit dari masyarakat yang mencari berkah ramadhan dengan kegiatan ekonomi. Seperti menjajakan jajanan dan makanan untuk buka puasa. Trend menyelenggarakan kampung ramadhan di berbagai lokasi pun semakin merebak dengan adanya berbagai kegiatan. Sehingga tidak susah mencari tempat ngabuburit yang asik di Jogja.


1. Pasar Sore Kauman
Pasar Ramadhan Kauman ini berada di Jalan Ahmad Dahlan. Lokasi tepatnya berada di sebuah gang kecil dengan ukuran lokasi kurang lebih 2 meter dan berjejer sampai 150 meter. Surganya takjil enak tersebut sudah ada sejak tahun 1990-an dengan jumlah pedagang yang setiap tahunnya makin bertambah. Di Pasar Kauman ini, kamu bisa menemukan aneka jajanan dan makanan. Untuk harganya juga terjangkau. Barang atau makanan yang sama kadang terdapat selisih harga antara Rp 500,- hingga Rp 1000,-. Pengunjung atau pembeli disarankan bertanya harga terlebih dahulu sebelum membeli.

 

pasar sore kauman

Baca Juga Artikel Kebun Buah Mangunan Dlingo Bantul

 

2. Jalur Gaza Nitikan
Pasar Ramadan di Nitikan ini dikenal dengan nama Jalur Gaza singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. Jalur Gaza ada sejak tahun 2009. Pimpinan Ranting Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta pada tanggal 5 Mei kemarin resmi menggelar kembali agenda Pasar Sore Ramadhan tahun ini. Mengenai pasar sore Ramadan di Jalur Gaza ini, menurut dia, dimulai pada Senin 6 Mei 2019 di Jalan Sorogenen, Kampung Nitikan, Yogyakarta. Panjang stan pedagang tahun ini mencapai hampir 2 kilometer dari timur RSUD Yogyakarta sampai depan Jogja Fish Market (Jalan Tegal Turi) dan masuk ke utara di sepanjang Jalan Nitikan Baru dan Jalan Sidikan. Setiap sore selepas ashar, para pedagang akan mulai menggelar dagangannya.

 

jalur gaza nitikan

 

3. Kampung Ramadhan Jogokariyan
Menurut informasi yang didapat Kampung Ramadhan Jogokariyan tahun ini melibatkan tidak kurang 300 pedagang dan sekitar 2.500 hingga 3.000 sajian berbuka. Menjelang adzan Ashar berkumandang, sejumlah lapak-lapak pedagang sudah mulai terlihat di sekitaran Masjid Jogokariyan. Masjid Jogokaryan yang merupakan masjid percontohan pun menggelar berbagai kegiatan di antaranya pembagian hidangan buka puasa hingga 1000 porsi, sahur bersama, dan sholat tarawih seperti di Madinah setiap Kamis malam dengan bacaan satu juz Quran.

kampung ramadhan jogokariyan

 

4. Lembah UGM
Pasar sore UGM kembali hadir untuk meningkatkan semangat bulan Ramadhan di kampus Universitas Gadjah Mada. Lokasinya yang strategis membuat pasar Ramadhan Jogja ini menjadi tempat yang tepat bagi masyarakat maupun mahasiswa untuk berburu makanan menjelang buka puasa. Selain murah, makanan yang dijual juga sangat bervariasi, mulai dari makanan tradisional hingga jajanan modern favorit anak muda Jogja. Pasar sore ini dibagi menjadi dua area utama, yaitu Jalan Olahraga dan Jalan Notonegoro. Keduanya akan sama-sama ramai, khususnya saat menjelang waktu berbuka sehingga terkadang menimbulkan kepadatan lalu lintas.

 

lembah UGM

Objek Wisata Lainnya : Hutan Mangrove Kulon Progo, Wisata Mangrove Jogja

 

5. Alun-alun Kidul
Alun-alun kidul merupakan tempat ngabuburit di Jogja yang menjadi tempat favorit anak-anak muda di Jogja untuk nongkrong sambil menunggu waktu berbuka puasa. Di sini kita dapat mencoba tradisi yang begitu fenomenal yaitu tradisi masangin atau masuk di antara dua beringin kembar yang ada di alun-alun ini. selain itu kamu juga bisa bersepeda ria beramai-ramai dengan menyewa sepeda hias yang banyak terdapat disana. Ketika adzan maghrib berkumandang, kamu bisa membatalkan puasa dengan makanan yang ditawarkan oleh para pedagang di sekitar. Akses untuk sholat pun tidak sulit karena ada beberapa masjid yang tersebar tak jauh dari Alun-Alun Kidul.

 

alun alun kidul

 

6. Malioboro – Titik Nol Kilometer
Sudah sejak lama lokasi ini jadi tempat tujuan wisata para turis baik lokal maupun mancanegara. Pada hari biasa saja spot ini sudah sangat ramai akan pejalan kaki yang beniat mencari pernak-pernik khas Jogja, maupun yang hanya sekedar ingin berfoto sambil menikmati atmosfer Jogja yang sangat kejawen. Selain itu, banyaknya pedagang yang menjual berbagai kuliner khas Jogja bikin Jalan Maliboro sampai Titik Nol Kilometer jadi tempat yang pas untuk ngabuburit dan berbuka. Tipsnya, jangan lupa menanyakan harga makanan yang hendak kamu beli terlebih dahulu.

 

7. Tugu Pal Putih Jogja
Tidak terlewatkan juga untuk berfoto ria di Tugu pal putih Jogja yang menjadi lokasi ikonik di Yogyakarta. Belum lengkap jika berkunjung ke jogja tapi belum mengunjungi tempat ini. Tempat ini akan ramai pada saat sore, muda mudi berfoto-foto dengan mengambil background tugu ini. Dan perlu di ingat, jika ingin mengambil foto di sini berhati-hati karena tugu ini berada di jalur pertemuan kendaraan dari berbagai arah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *