5 oleh-oleh yang wajib beli di Jogja

Setelah menikmati wisata di jogja, kurang lengkap rasanya ketika pulang ke kota asal tidak membawa oleh-oleh untuk teman dan keluarga. Selain keindahan alam, Jogja juga mempunyai kuliner yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

Berikut ini adalah makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh yang dihimpun oleh wira tour:

1.     Bakpia

Salah satu oleh-oleh yang khas dari jogja adalah bakpia. Selain memiliki rasa manis, bakpia juga mempunyai tekstur yang empuk. Ada dua jenis bakpia, yaitu bakpia kering dan basah. Bedanya, bakpia kering lebih tahan lama disbanding bakpia basah.

Bakpia kini memliki banyak varian rasa, mulai dari original, coklat hingga green tea. Salah satu merk bakpia yang terkenal adalah bakpia kurnia sari. Untuk bisa mendapatkan bakpia ini, kamu bisa berkunjung ke toko bakpia kurnia sari yang beralamat di jl. Ringroad utara dan di Jalan Glagahsari No.91C.

2.     Geplak

Makanan khas bantul ini mempunyai rasa yang cukup manis dan warna yang beragam layaknya pelangi. Geplak terbuat dari parutan kelapa dan gula, bisa menggunakan gula pasir atau gula merah. Industri geplak dapat ditemui di bantul yang sebagian besar adalah industry rumahan.

Kamu bisa mendapatkan geplak di banyak took oleh-oleh di jogja, hamper semuanya menyediakan geplak sebagai oleh-oleh.

3.     Salak Pondoh

Jika kamu berkunjung ke jogja bagian utara, kamu akan banyak menemui pedagang salak pondoh di pinggir jalan. Salak pondoh merupakan salah satu komoditi utama di kecamatan turi, kabupaten sleman. Tak hanya salak pondoh utuh saja, kamu juga biusa mendapatakan berbagai  macam olahan salak pondoh di banyak toko oleh-oleh.

4.     Belalang Goreng

Jika kamu berkunjung ke gunung kidul, kamu akan banyak menemui pedagang belalang goreng di pinggir jalan. Bagi kamu yang menyukai makanan unik, kamu wajib mencobanya. Ada beberapa varian rasa untuk yang disediakan, seperti asin, pedas dan pedas manis.

5.     Gudeg

Siapa sih yang tidak tahu gudeg? Makanan yang terbuat dari nangka muda ini, cenderung memiliki cita rasa manis. Kamu bisa menemui banyak pedagang gudeg di daerah wijilan, lokasinnya tidak jauh dari keraton jogja. Untuk oleh-oleh, kamu bisa membeli gudeg dalam kemasan kaleng.

Bagaimana, apakah sudah mendapatkan ide untuk membeli oleh-ole? Semoga ulasan singkat ini bisa membantu kamu membeli oleh-oleh setelah puas wisata di jogja. Salam

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.