3 Pantai di Area Wisata Pantai Bantul

Pantai yang Mempunyai Ikatan erat Satu dengan Lainnya

parangtritis1

Bantul merupakan salah satu kabupaten di jogja yang mempunyai wisata pantai yang sangat banyak pengunjungnya. Dipantai bantul selain berwisata juga kadang ada wisata ritual yang sering dilakukan oleh penduduk sekitar, disamping itu juga terdapat wisata kuliner juga. Pantai – pantai ini yang mempunyai jalur yang sama dan saling mempunyai ikatan erat antara satu pantai dengan pantai lainnya. Mungkin anda sudah akrap dengan pantai itu? Ya? Pantai itu adalah Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, dan pantai Depok. Ketiga pantai itu saling berdekatan dan merupakan tempat yang sering di kunjungi baik pagi hari hingga malam hari. Yuk kita mengenal ketiga pantai ituu lebih jauh lagi?

Mari kita mulai dengan pantai yang berada di timur hingga pantai yang berada di baratnya sedikit? Mulai dari Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, hingga Pantai Depok.

Pantai Parangtritis

paralayang

Pantai parangtritis terletak kurang lebih sekitar 26 km dari kraton jogja/pusat kota jogja. Pantai ini akses jalannya sangat mudah, anda tinggal mencari jalan raya parangtitis, terus anda keselatan mengikuti jalan tersebut lurus keselatan hingga sampai di kawasan lokasi wisata pantai parangtritis. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun memakai jasa sewa mobil jogja. Tempat wisata ini berada di pesisir selatan jogja, pantai ini terhubung langsung dengan samudra hindia. Disini anda bisa menilkmati suasana alam yang ada, anda bisa menikmati terik matahari dengan hembusan angin laut yang lululalang menyapa anda.

Pantai parangtitis mempunyai keunikan pemandangan alam yang belum terdapat pada obyek wisata pantai jogja lainnya, yaitu ombak pantai yang besar, berjalan hilir mudik selalu bergantian menyapa para pengunjung di pantai ini. Juga terdapat gunung – gunung pasir yang ada disana yang biasa disebut dengan gumuk pasir. Penataan dan pengelolaan wisata pantai ini cukup baik yang mulai dari pengelolaan fasilitas tempat makan hingga pasar yang menjajakan aneka souvenir khas pantai ini.

Dari pantai parangtritis ini anda bisa pergi menikmati kawasan wisata pantai di dekatnya yang lokasinya berdekatan dan masih satu jalur atau kawasan wisata seperti pantai depok dan pantai parangkusumo. Wisata pantai tersebut tidak kalah bagusnya dengan pantai parangtritis. Di wisata pantai depok anda bisa menikmati wisata kuliner aneka masakan ikan laut yang ada di sana. Anda juga bisa menikmati acara ritual pada hari-hari tertentu di pantai parangkusumo. Wisata pantai jogja memiliki berbagai macam budaya dan daya tarik wisata pantainya.

Pantai Parangkusumo

parangkusumo 1

Pantai Parangkusumo merupakan sebuah pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul Provinsi DIY dan masih dalam satu deretan dengan Pantai Parangtritis. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta pantai ini berjarak sekitar tiga puluh kilometer. Pantai ini berhubungan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang deras, sehingga bagi pengunjung harus berhati-hati. Selain ombaknya yang deras, pantai ini juga memiliki daya tarik lain berupa hamparan pasirnya yang luas serta keunikan budayanya, yang ditunjukkan dengan adanya penyelenggaraan ritual khusus pada waktu-waktu tertentu.

Keindahan Pantai Parangkusumo bisa dikatakan setara dengan Pantai Parangtritis karena mempunyai banyak kesamaan dan juga perbedaan. Keistimewaan yang menjadikan pantai ini ramai dikunjungi adalah karena adanya mitos yang berkembang sejak zaman legenda tersebut dimulai. Mitos yang hidup di kalangan masyarakat Yogyakarta dan Jawa pada umumnya yaitu tentang sosok Ratu Pantai Selatan yang membantu kekuasaan raja-raja Mataram, sejak jaman Penembahan Senopati sampai saat ini.

parangkusumo 2

Pantai Parangkusumo pada bagian depan sebelah kiri area utama terdapat tumbuhan sejenis pakis atau palm menambah keindahan suasana Pantai Parangkusumo yang tampak asri dan hijau. Jalanan untuk mengakses di area ini cukup lebar terbuat dari paving block yang sekaligus dapat menghubungkan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok yang letaknya memang bersebelahan. Ditepi jalan tersebut akan terlihat pemandangan yang sangat menarik karena terdapat deretan pohon cemara yang rimbun dan tertata rapi.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini terbilang cukup lengkap antara lain : penginapan atau losmen, toilet umum, masjid, rumah makan dan beberapa kios yang menjual bebagai macam souvenir maupun pakaian. Fasilitas lainnya dipantai ini terdapat menara pengawas dan tim SAR yang selalu berjaga di pantai untuk memberi peringatan bila ada pengunjung yang berenang terlau ketengah.

Pantai Depok

Pantai Depok

Lokasi Pantai Depok terletak dekat dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini termasuk dalam kategori pantai yang asri dan memungkinkan pengunjung dapat menemukan keindahan panorama pantai lainnya yang tidak ada di Parangtritis.

Pantai Depok juga mempunyai tanah lapang yang masih ditumbuhi oleh tumbuhan bakau. Saat ini, area bakau ini menjadi sarana parkir kendaraan pengunjung. Jika ingin langsung menikmati keindahan pantainya, pengunjung harus berjalan beberapa puluh meter dari area parkir. Jika kaki telah merasakan butiran pasir, pengunjung dapat segera melihat pemandangan Pantai Depok yang menyegarkan dan masih sangat asri. Ombak yang hadir silih berganti menepi dengan suara deburan yang begitu menenangkan telinga. Baiknya, jika sudah melalui lokasi TPI Depok, pengunjung jangan terlalu buru-buru ingin segera sampai di pantai. Luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan menikmati pasar nelayan.

Beda dengan Pantai Parangtritis, di Pantai Depok tidak ada delman. Tapi justru ini menjadi keistimewaan tersendiri dari pantai ini. Karena dengan berjalan kaki sambil mendengarkan deburan ombak, pengunjung dapat melihat secara lebih detail untuk menikmati setiap jengkal kawasan pantai yang memiliki panjang sekitar 2 km ini. Jangan melupakan hamparan pasir yang ada di Pantai Depok. Pasir pantai ini biasanya jadi favorit anak-anak. Mereka membuat mainan dengan membentuk mirip dengan istana atau bentuk lainnya dengan menggunakan pasir.

pantai depok 1

Di bibir pantai disediakan untuk pengunjung yang ingin menikmati hidangan seafood. Patokan harga di warung dan restoran ini relatif terjangkau. Aneka Ragam seafood yang disajikan juga bervariasi. Pengunjung bisa memilih berbagai macam jenis ikan, kepiting, udang, cumi-cumi, bahkan ada juga sirip ikan hiu. Demi keamanan, Pantai Depok juga mempunyai petugas pantai (lifeguard) ataupun Satuan Polisi. Adanya mereka cukup membuat tenang jika ada peringatan gelombang laut yang tak bersahabat dengan pengunjung. Dan untuk pengunjung yang ingin bermalam, dapat bermalam di losmen atau penginapan yang ada di sekitar kawasan Pantai Parangtritis.

Yuk kita lestarikan keindahan pantai dengan menjaga dan melestarikan keasrian lingkungan sekitar pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dan belajar menikmati suasana alam dan wisata pantainya senang mengajak dan mempromosikan dengan rasa cinta kepada wisata Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*